Skip to main content

Anak Remaja Anda Tidak Mau Mendengarkan Anda? Ini dia Solusinya!

Anak Remaja Anda Tidak Mau Mendengarkan Anda? Ini dia Solusinya!
Anak Remaja Anda Tidak Mau Mendengarkan Anda? Ini dia Solusinya! - Gambar©teenrehab.org

Anak Remaja Anda Tidak Mau Mendengarkan Anda? Ini dia Solusinya! - Sama hal nya dengan orangtua, anak juga memiliki masalah tersendiri. Masalah yang hadapi bisa macam-macam. Mulai dari hubungan dengan teman yang tidak baik, masalah dengan guru, pelajaran yang mereka tidak mengerti yang mengakibatkan mereka sulit dalam proses belajar, malas, perestasi belajar yang buruk, kecanduan dalam bermain game dan yang paling banyak dihadapi anak kurangnya perhatian orangtua kepada anak.

Tanpa dukungan dan perhatian orangtua, akan sulit bagi anak untuk menyelesaikan masalahnya. Harus ada kerja sama antara orangtua dan anak untuk sama-sama memperbaiki kondisi yang telah ada sejauh ini.

Berikut solusi yang bisa Anda terapkan agar dapat mengatasi masalah anak yang tidak mau mendengarkan apa yang Anda sampaikan :

1. Selesakan Masalah Dalam Diri Anda Terlebih Dahulu
Ini langkah pertama yang harus Anda miliki sebagai orangtua. Jika Anda tidak mengatasi masalah Anda terlebih dahulu akan sulit bagi Anda untuk bersabar dalam menghadapi anak. Dengan kemampuan menahan diri akan membawa dampak yang lebih baik bagi Anda dalam menilai permasalahan yang anak hadapi.

Anda bisa lebih mudah melihat permasalahan anak dari sudut padang anak dan mengetahui apa sebenarnya yang dibutuhkan oleh anak. Mengetahui kebutuhuhan anak akan membuat Anda lebih mudah menerapkan solusi yang Anda dapatkan dari buku, internet atu teman Anda yang memiliki masalah yang lebih kurang sama dengan Anda.

2. Pahami Masalah Anak
Artinya Anda harus melihat masalah anak secara keseluruhan dan mengetahui mengapa anak tidak mau mendengarkan perkataan Anda. Mencari tahu berarti Anda memberikan kesempatan bagi anak untuk bercerita mengenai diri mereka. Mengetahui apa yang mereka rasakan dan keluhkan. Mulai dari sekolah, teman, guru, dan masalah pribadi.

Di sini Anda perlu menanamkan sifat bersabar. Bersabar menahan diri dalam menyangga, mengungkapkan pemikiran sampai menasehati anak. Tidak masalaha seberapa kerasanya Anda, jika Anda tidak bisa menahan diri, usaha pendekatan yang Anda lakukan tidak akan berhasil dan justru membuat anak menjadi lebih tertutup.

Dengan tertutupnya sikap anak akan membuat Anda semakin sulit memberikan nilai dan aturan yang harus perlu Anda terapkan. Sikap ini belum tentu membuat anak mau mendengarkan Anda.

3. Jadilah Sahabat Bagi Anak
Dengan Anda menjadi sahabat bagi anak jusru akan memudahkan Anda untuk mengetahui perkembangan anak. Mulai dari siapa teman bermainya, apa yang mereka lakukan, kegiatan apa yang mereka sering lakukan bersama temanya, apa saja hal yang sering ia ceritakan bersama teman-temanya dan semua hal-hal kecil lainya yang terlihat tidak penting bagi Anda.

Ini akan memberikan gambaran bagi Anda tentang anak. Anda bisa dengan mudah memberikan masukan, arahan, memberikan nilai-nilai baik yang Anda rasa akan berguna untuk anak dan segala sesuatu yang mendukung kesuksesanya di masa depan.

Perlu diingat, dibutuhkan kesabaran dan pemahaman tentang manusia agar anak merasa nyaman bercerita kepada Anda. Semakin anak merasa nyaman semakin mudah Anda mengarahkan anak dan ia pun akan akan mendenarkan dan melakukan apa yang telah disepakati bersama.

4. Luangkan Waktu Bersama Secara Rutin
Ini hal penting yang wajib Anda lakukan bersama pasangan Anda. Tanpa melakukan tindakan yang satu ini akan sangat sulit bagi Anda untuk memahami setiap tindakan anak. Terkadang, sikap anak yang suka membangkang, melawan bahkan memberontak hanya untuk mencari perhatian dan waktu Anda.

Ya tentu sangat jelas, ketika mereka memiliki masalah, mereka tidak tahu kepada siapa harus bercerita agar ia merasa tenang dan tahu cara mengatasi masalahnya. Karena masalah inilah yang membuat ia terkadang harus melawan dan memberontak.

Apa yang mereka rasakan belum tentu dapat dipahami oleh orang lain seperti yang mereka harapkan. Dengan Anda memberikan perhatian dan waktu akan membuat mereka merasa nyaman dan dengan sendiri anak akan bersikap baik dan seperti yang Anda inginkan selama ini.

Inilah yang perlu Anda lakukan untuk membuat hubungan Anda dengan anak menjadi lebih baik. Terjalinnya komunikasi akan mempermudah Anda mengatasi semua masalah yang ada. Ini justru akan memudahkan anak mendengarkan Anda. Selain itu, ia juga akan menaruh rasa hormat pada Anda.

Semoga bermanfaat, dan jangan lupa di share ya artikel "Anak Remaja Anda Tidak Mau Mendengarkan Anda? Ini dia Solusinya!" ini😁

Ingin lebih pede menjadi orang tua di zaman now ini? Segera dapatkan tips terbaik dari pakar parenting kekinian, klik di sini

https://parentingacademy.id/web/


Baca juga:




Editor: Parenting with Heart (admin)
Sumber: aquariuslearning.co.id

Comments

Popular posts from this blog

5 Kiat dalam Mendidik Anak Perempuan. Wajib Tahu!

5 Kiat dalam Mendidik Anak Perempuan. Wajib Tahu! - Gambar©irishnews.com 5 Kiat dalam Mendidik Anak Perempuan. Wajib Tahu! - Masa remaja adalah masa yang harus benar-benar mendapat perhatian khusus dari tiap orang tua. Karena pada masa ini, putri Anda sedang dalam masa mencari jati diri. Mencoba hal baru, mulai mengerti perasaan suka dengan lawan jenis, dan hal lainnya, yang bila tak diarahkan pada hal positif bisa berakibat fatal untuk masa depan sang anak. Dalam hal ini, ada baiknya Anda sebagai orangtua lebih peka dan memberi perhatian lebih pada sang anak, berikan perhatian lebih, berikan penarahan serta didikan yang positif agar sang anak tidak salah jalur dalam bergaul ataupun memilih teman.  Berikut terdapat tips yang dapat Anda terapkan dalam mendidik anak remaja perempuan Anda, yuk simak!😉 1. Ajarkan mengenai agama Agama bisa dibilang sebagai tiang bagi kehidupan. Tanpa adanya agama, seseorang akan berprilaku seenaknya tanpa adanya batasan tertentu yang membu